Top Ads

Jasa Pembuatan SOP Perusahaan | Jasa Penyusunan SOP Perusahaan

Jasa Pembuatan Standard Operating Procedure-SOP - Pada saat ini masih banyak Perusahaan yang beroperasi tanpa didukung dengan sebuah SOP, sistem Prosedur , Standard Operational Procedure, Prosedur Kerja perusahan. Mereka lebih banyak beroperasi berdasarkan kebiasaan apa yang sudah mereka jalankan bertahun-tahun dan akhirnya menjadi sebuah kebiasaan/ budaya perusahaan tersebut. Tidak hanya terbatas dengan perusahaan dengan skala kecil, perusahaan skala menengah dan besar pun masih ada yang belum memiliki Standard Operational yang baku dan dibakukan pula. Pada umumnya juga perusahaan dengan tipe seperti ini semua system yang ada dan berlaku disana ada dan dicatat dimasing-masing kepala para key person, dimana para key person mungkin sudah bekerja lama untuk perusahaan ini.

Hampir seluruh perusahaan menyadari arti penting dari SOP, sistem Prosedur , Standard Operational Procedure, Prosedur Kerja. Secara umum fungsi  SOP perusahaan,  bukan hanya sebagai alat control tapi juga sebagai alat untuk menjaga konsistensi dari kualitas output perusahaan. SOP, sistem Prosedur , Standard Operational Procedure, Prosedur Kerja harus mampu menjadi alur bagi jalanya perusahaan (how to do) dan bukan sebagai pengalang atau penghambat system manajemen perusahaan. Oleh karena itu SOP, sistem Prosedur , Standard Operational Procedure, Prosedur Kerja tidak bisa sembarangan karena harus dilihat tingkat fleksibilitas dan control perusahaan. Untuk Konsultasi SOP atau sistem prosedur, Kami mendesing sop berdasakan kebutuhan dari perusahaan dan jenis perusahaan.  oleh karena itu SOP, sistem Prosedur , Standard Operational Procedure, Prosedur Kerja di masing-masing perusahaan akan sangat berbeda dan sangat tailor made.

Pembuatan SOP, sistem Prosedur , Standard Operational Procedure, Prosedur Kerja di bidang usaha manufacture atau jasa akan berbeda bahkan SOP di perusahaan dengan industry yang sama bisa saja memiliki SOP, sistem Prosedur , Standard Operational Procedure, Prosedur Kerjayang berbeda. Hal ini bisa dipengaruhi karena budaya kerja, system kerja, jumlah karyawan dan banyak factor lainnnya.

Umumnya perusahaan memiliki divisi untuk masing-masing SOP, sistem Prosedur , Standard Operational Procedure, Prosedur Kerja sebagai berikut :

    Departemen HRD & GA
    Departemen Finance & Accounting
    Departemen Marketing
    Departemen Purchasing (logistic)
    Departemen Produksi
    Departemen Operasional

Suatu perusahaan bisa saja memiliki SOP, sistem Prosedur , Standard Operational Procedure, Prosedur Kerja yang terlalu menggelembung dan banyak. Hal ini akan berakibat negative bagi perusahaan dan karyawan disebabkan besarnya SOP akan membengkaknya organisasi. Padahal dalam sisi lain perusahaan ingin adanya efisiensi dan efektivitas.

Membengkaknya  SOP, sistem Prosedur , Standard Operational Procedure, Prosedur Kerja lini disebabkan beberapa hal:

    Tidak bagusnya konsultan atau perusahaan dalam mendesign dan mendefinisikan bisnis perusahaan
    Tidak memiliki pengalaman dalam mendesign sop yang efisien dan efektif
    Tidak memahami bisnis proses departemen
    Tidak adanya komitmen untuk menciptakan struktur organisasi dan sop yang efisien dan efektif dari manajemen perusahaan
    Dan masih banyak factor lain.

SIEN Consultants adalah perusahaan konsultan dan training manajemen. Berfokus pada perkembangan bisnis pelanggan SIEN Consultants memiliki beberapa divisi konsultasi dan training manajemen. Berdiri sejak tahun 2001 dan berkantor pusat di Tomang, Jakarta Barat, saat ini SIEN Consultants memiliki representative office di Semarang dan Surabaya.

Kami memiliki pengalaman untuk mendesign SOP, sistem Prosedur , Standard Operational Procedure, Prosedur Kerjamulai dari perusahaan manufacture, jasa, trading, engineering, retail dll  dengan menggunakan standard ISO 9001.

Jasa Pembuatan SOP SOP, sistem Prosedur , Standard Operational Procedure, Prosedur Kerja perusahan kami mulai dari:

    sistem prosedur (SOP) HRD
    sistem prosedur (SOP) Akuntansi Finance
    Sistem Prosedur (SOP) Operasional
    sistem Prosedur (SOP) Marketing dan Sales
    sistem prosedur (SOP) General Affair (GA)
    Sistem Prosedur (SOP) Produksi
    dll

Hal-hal positif yang dapat dirasakan dengan sudah adanya SOP, sistem Prosedur , Standard Operational Procedure, Prosedur Kerja diantaranya :

    Adanya Standard dan prosedur yang Jelas, Perusahaan memiliki standard operasional yang baku. Dengan adanya prosedur yang jelas dan baku akan lebih lancar aktivitas karyawan semua bagian karena setiap karyawan menjalankan fungsinya masing-masing dan mengetahui dengan jelas apa yang menjadi tanggungjawabnya.
    Dokumen yang digunakan sudah Standard, sehingga memudahkan setiap karyawan untuk mengingatnya. Terutama bila perusahaan tersebut besar dan memiliki banyak anak perusahaan kemungkinan seorang karyawan yang dimutasi akan mudah untuk beradaptasi.
    Memudahkan dalam mengontrol system ataupun mengetahui jika terjadi kebocoran di perusahaan ataupun untuk menganalisa titik lemah dari perusahaan untuk menjadi bahan koreksi kembali.
    Administrasi perusahaan yang lebih rapih.
    Langkah kedepannya akan mempermudah perusahaan dalam memperoleh ISO (International Organization for Standarization)

Sistem konsultasi SOP , sistem Prosedur , Standard Operational Procedure, Prosedur Kerja kami beri maintenance sistem dimana perusahan akan kami dampingi hingga  SOP, sistem Prosedur , Standard Operational Procedure, Prosedur Kerja yang kami design bisa diterapkan di perusahaan dan berjalan.

Idealnya SOP, sistem Prosedur , Standard Operational Procedure, Prosedur Kerja ditangani oleh suatu department sendiri yang khusus menangani masalah ini atau digabung dengan audit internal. Setidaknya jika perusahaan tidak memiliki department sendiri bisa dilakukan oleh tim SOP yang bertugas menjaga sistem ini bisa berjalan sesuai dengan hal jadi standard perusahaan.

TAHAPAN PEMBUATAN SOP

Ada beberapa tahap dimana perusahaan bisa membuat SOP. Ini adalah langkah-langkah sederhana yang bisa dijalankan:

1. Pemetaan Bisnis Proses.

Pemetaan ini dilakukan di tingkat department dan perusahaan sehingga akan memudahkan hubungan antar departemen dalam perusahaan maupun hubungan dalam department itu sendiri.

2. Lakukan interview terhadap key person di departmen untuk mendapatkan informasi yang lengkap.

3. Pembuatan Design SOP. Bisa dilakukan sendiri maupun dengan bantuan konsultan

4. Implementasi SOP. SOP yang sudah dibuat diimplementasikan di masing-masing department kemudian diminta feed back untuk melihat efektivitas dari SOP yang dibuat.

5. Review SOP. Hasil dari implementasi SOP kemudian di review ulang untuk mendapatkan SOP yang pas untuk perusahaan. Ingat masing-masing perusahaan pasti akan berbeda SOP nya meski dalam industri yang sama.

Keberhasilan penerapan SOP sangat tergantung dari Komitment manajemen dan karyawan untuk menjalankan SOP yang sudah di

0 komentar:

Posting Komentar